Tuesday 19 December 2017

Gunungkidul

Sebuah kabupaten di DIY yang berlokasi di atas pegunungan karst. Kisahnya dulu, tempat untuk mendirikan kabupaten ini sebenarnya adalah permukaan laut yang terangkat setelah proses ribuan tahun. Maka dari itu banyak batuan yang mirip dengan terumbu karang di sana.

Dulu orang yang berasal dari Gunungkidul dan berkuliah di luar, jika di tanya asal mana maka mereka menjawab Jogja. Kabarnya Gunungkidul dulu itu adalah kawasan yang sulit air dan kekeringan. Mungkin mereka malu untuk mengakui asal mereka karena kabar kekeringan itu. Namun semua itu sudah menghilang, karena di Gunungkidul ini terkenal dengan kawasan wisata alamnya. Contoh yang paling banyak adalah wisata alam pantai selatan yang membentang di kawasan kabupaten ini. Gunungkidulpun seiring berjalannya waktu semakin cantik dan menawan. Potensi-potensi yang ada di Gunungkidulpun dikembangakn dan dibesarkan. Gunungkidul tumbuhu cantik dengan pesona wisata alamnya.



Juga terdapat budaya rasulan yaitu budaya seperti bersih desa. Dalam rasulan tersebut banyak sekali kegiatan yang dilakukan oleh warga. Rasulan tersebut biasanya dibagi menurut kecamatan. setiap kecamatan mempunyai cara tersendiri untuk menggelar rasulan tersebut. Namun yang paling iconic di momen ini adalah dengan makan-makannya. Karena biasanya orang orang masak besar di rumahnya dan embuka rumah untuk makan bersama disana. Kalau siswa-siswi di sana biasanya kalau sudah waktunya rasulan maka berbondong-bondong untuk ke rumah temannya yang sedang diadakan rasulan. Ya tidak salah lagi, karena mereka ingin berkumpul bersama dan makan besama teman-temannya.

Nah itu sedikit cerita mengenai Gunungkidul, tempat kelahiran yang aku cintai dan aku banggakan. semoga kalian yang membaca artikel ini juga punya keinginan untuk berkunjung ke sana.

ini beberapa foto yang aku ambil di Gunungkidul