Tuesday 24 April 2012

Emansipasi Wanita


Tanggal 21 April adalah hari kelahiran RA Kartini yang dikenal sebagai pembela kaum wanita yang sangat gigih memperjuangkan gerakan emansipasi wanita di Indonesia.Pada hari kelahiran RA Kartini tidak heran kalau di sekolah,kantor,dll pasti diadakan lomba untuk memperingati hari Kartini ataupun banyak orang yang menggunakan pakaian seperti Kartini,semua itu untuk mengenang jasa RA Kartini yang sudah membela gerakan emansipasi wanita.
Tidak hanya pria, wanita pun juga bisa melakukan hal-hal berat yang dilakukan kaum pria seperti pengendali mesin berat,presiden pahlawan yang melahwan bangsa asing,dll.Tokoh wanita yang pernah membela bangsa Indonesia adalah : Cut Nyak Dien, Cut Mutia, Martha Christina, dll.Jadi kita juga harus menghargai wanita jangan hanya merendahkan wanita dan bukan hanya itu kita juga harus menghargai jasa-jasa RA katini yang sudah memperjuangkan emansipasi wanita di Indonesia.
Wanita jaman dulu dan Wanita modern
Terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara wanita jaman dulu dan wanita modern.Perbedaan tersebut dapat dipengaruhi oleh seiring berkembangnya jaman dan tentunya tak luput dari jasa RA.Kartini.
Wanita Jaman Dulu
            Wanita jaman dulu masih belum bisa sekolah hanya pejabat dan kaum pria saja yang boleh skolah.Dulu wanita tidak sederajat dengan pria, tapi oleh Kartini derajat kaum wanita disamakan dengan kaum pria.
Wanita Jaman Sekarang
            Wanita jaman sekarang sudah bisa sekolah walupun dia bukan pejabat.Sekarang kaum wanita sudah sderajat dengan kaum pria.Jaman sekarang pun wanita juga ada yang menjabat menjadi presiden yaitu Megawati.