Tuesday 29 January 2013

Opera Mini




Opera Mini adalah web browser yang bersifat freeware dan multi-platform yang dikembangkan oleh Opera Software ASA, sebuah anak perusahaan telekomunikasi terbesar di Norwegia, yakni Telenor. Opera merupakan salah satu Internet Suite populer yang bersifat multiplatform. Selain diperkenalkan sebagai Web Browser, Opera juga datang sebagai e-mail client yang powerful, IRC client dan kemampuan untuk menampilkanOpera Widget. Selain berjalan di PC, Opera juga berjalan pada berbagai platform seperti ponsel, smartphone, PDA, game console, dan televisi interaktif. Di lingkungan PC,Opera dapat berjalan pada hampir semua platform populer.


Opera dikembangkan oleh perusahaan Opera Software yang berbasis di Oslo, Norwegia. Opera bukanlah  sebuah program yang baru, program ini telah dikembangkan sejak tahun 1994, awalnya sebagai riset pada perusahaan Telenor, sebuah perusahaan telekomunikasi terbesar di Norwegia. Pada tahun 1995, perusahaan independen didirikan dengan nama Opera Software ASA. Pada tahun 1996 Opera dirilis ke publik yang dilakukan pada versi 2.0. Namun, karena permintaan pasar yang tinggi, pada akhir tahun 1997 Opera versi 3.0 diluncurkan untuk berbagai operating system.

Opera versi 5.0 menjadi program yang ad-sponsored, dan tidak lagi menggunakan periode trial. Dengan demikian, user bisa menggunakan web browser ini tanpa membayar, namun, iklan-iklan akan ditampilkan. Dengan demikian, bagi user yang tidak ingin diganggu oleh iklan, maka dipersilahkan untuk membayar. Pada Opera versi 8.5, iklan-iklan tadi kemudian dihapus, dan Opera tetap bisa digunakan tanpa harus membayar. Hal ini berlaku hingga saat ini. Opera versi stabil untuk PC pada saat tulisan ini dibuat (Oktober 2012) adalah Opera versi 11.



Password : amrihuda